setting

SRH Blog: Membuat Efek Lens Blur

Membuat Efek Lens Blur

Ya Ini Post Pertama Saya Di Blog Ini Saya akan Menjelaskan Tentang Cara Membuat Efek Lens Blur Di Photoshop


 













Berikut Langkah-Langkah Membuat Efek Lens Blur

1.Buka Foto Anda
Pilih Menu File>Open untuk membuka foto anda. Pada kotak dialog Open File, pilih foto anda kemudian klik tombol Open. Secara default Photoshop akan membentuk layer dengan nama Background untuk foto yang anda buka.


Buka Foto menggunakan Photoshop











2.Gandakan layer Background agar kita tidak merusak foto aslinya.
Klik pada layer Background untuk mengaktifkannya kemudian gandakan layer dengan cara menekan tombol Ctrl+J. Akan terbentuk layer baru dengan nama Layer 1 di atas layer Background.

Gandakan Layer Background











3. Tambahkan layer mask pada Layer 1.
Klik pada Layer 1 untuk mengaktifkannya kemudian klik icon Add layer mask yang terletak pada bagian bawah layer palette. Klik pada layer mask untuk memastikannya aktif. 

Tambahkan Layer Mask












4. Buat seleksi secara garis besar pada area foto yang ingin anda buat fokus.
Klik icon Poligonal Lasso Tool  pada Tool Palette kemudian buat seleksi pada obyek foto yang ingin anda buat efek fokus lensa. Tidak perlu melakukan seleksi yang rapih, cukup seleksi secara kasar karena kita akan menerapkan efek fokus lensa secara gradual. 


Buat Seleksi pada foto 










5. Terapkan Feather pada seleksi.
Untuk memberikan efek transisi gradual antara area fokus dengan area blur pilih menu Select>Modify>Feather atau bisa juga dengan menekan tombol shortcut Shift+F6. Pada kotak dialog Feather Selection isikan radius 60 pixels kemudian klik tombol OK. Anda bisa mengisikan nilai lain untuk radius tergantung foto anda tentunya. 

Feather Selection 







6. Isi seleksi dengan warna hitam.
Tekan tombol Shift+F5 atau pilih menu Edit>Fill. Pada kotak dialog Fill, klik menu drop down Use dan pilih warna black. Klik tombol OK. Hilangkan seleksi dengan menekan tombol Ctrl+D.


Fill Feather 











7. Terapkan Filter Lens Blur pada foto.
Klik pada thumbnail foto di sebelah kiri Layer Mask pada Layer 1 kemudian pilih menu Filter>Blur>Lens Blur. Pada bagian Depth Map, ubah source menjadi Layer Mask untuk memastikan layer mask digunakan untuk menghitung dimana area blur akan diterapkan. Klik pada foto anda posisi mana yang akan digunakan sebagai pusat fokus lensa. Saya akan mengklik pada bagian tengah kuda sebagai pusat fokus lensa. Selanjutnya atur slider Radius untuk menambah efek blur. Saya akan mengisikan nilai radius 10. Semakin tinggi nilai radius, akan semakin kuat efek blur.

Filter Lens Blur










8. Langkah terakhir rapihkan / edit Layer Mask menggunakan Brush.
Klik icon Brush Tool  pada Tool Palette. Sesuaikan ukuran brush. Tekan tombol [ untuk memperkecil ukuran brush dan tombol ] untuk memperbesar. Pilih hardness soft antara 0% sampai 20%. Pastikan foreground berwarna hitam dengan menekan huruf D untuk mereset warna foreground/background ke default, kemudian tekan huruf X untuk men-swap antara warna foreground dengan background. Kemudian klik brush pada bagian pinggiran kuda untuk menghilangkan blur yang tidak diinginkan.

Hardness Brush 











Setelah selesai merapihkan layer mask menggunakan brush maka selesai sudah efek lensa blur kita. 

SEKIAN POST SAYA HARI INI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SRH Blog Urang-kurai | Published by satu-delapan